WIB

Powered By Blogger

Minggu, 27 Maret 2011

Tips Merawat Batrei Laptop


Tips - Tips

1. Saat Pertama Kali Membeli Laptop, Ces Batrei Skitar 8 - 10 jam, karena batrei yg tidak dipakai dalam jangka waktu lama (digudang) Sebaiknya Di cas terlebih dahulu..
2. Setiap Menggunakan Laptop lebih baek jika charging battery (di Cas terus meski sudah Full) Karena batrei tipe-tipe BARU      SEKARANG mempunyai CONTROLL BATTERY artinya "jika Full, batrei akan stop charging (stand by) jadi laptop otomatis langsung pakai power listrik, Dan Juga Tidak Membuat Batrei Soak/Kembung". 
3. Jangan Melakukan sistem CdC (Charge Discharge) = "Apabila batrei penuh cabut adaptor, Dan setelah habis pasang adaptor" .
4. Batrei jangan di KALIBRASI (pengosong isi batrei sampai habis 0%) karena banyak effeknya ke batrei (Cycle Count)
5. Jangan pernah BATREI DILEPASapabila tiba-tiba listrik mati perangkat laptop terjadi konsleting (LCD,mobo,dll) dan mengakibatkan kerusakan pada hardware laptop. Selain Itu batrei juga mengontrol arus listrik yg masuk sebelum ke perangkat yg laen.
6. 5 menit Sebelum Memakai laptop charging battery dulu, 5 menit setelah Laptop dimatikan baru cabut adaptor.
7. Saat Menggunakan Batrei (portabel/tanpa di cas), hindari (Maen Game,Putar DVD/CD,Software2 Grafis Tinggi ). Jika Masih Ada Power Listrk mendingan di cas aja.
8. Pastikan Suhu Kamar (ruangan) tidak terlalu Panas, karena suhu yang tinggi berefek menurunkan performa battery (cycle count berkurang) Karena, suhu adalah musuh bebuyutan battery.

KESIMPULAN ane:
• Gunakan laptop seperti cara kerja PC, jika g ada listrik matikan saja
• Suatu Saat Kerja Batrei pasti akan menurun, Mending Rusak Batrei Daripada Rusak LAPTOP ato hardware lainnya..
tapi gimana caranya kita mempertahankan kinerja batre dalam beberapa tahun dengan tips diatas.


Alasan Tips Diatas

Apakah semua laptop ada CONTROLL BATTERYnya ?
Semua gadget murah hingga termahal saat ini sudah ada controlling batterynya. Untuk melihatnya coba masuk device manager, battery, ACPI. ACPI inilah triger controlling battery via Windows. Yang mengontroll battery itu controlling battery. windows hanya triger pembacaan melalui ACPI. Memang sebagian brand laptop terkenal sudah bisa mengcontroll battery dan membaca aktifitas & log battery. Namun controlling battery ini walaupun tanpa windows atau pun saat laptop kondisi mati, tetap terkontrol olehnya. coba saja, test charge battery dalam kondisi laptop shutdown, dan lihat lampu batterynya bisa penuh atau kaga.

Kenapa Harus Di Cas 8 jam dulu
Charging awal minimal 8 jam, itu untuk mencapai tegangan floating battery. Yang lebih fatal lagi, kebanyakan tekhnisi toko laptop saat install windows running battery tanpa charging terlebih dahulu. 

Kenapa ga boleh lepas Batre
Menurut saya, mending battery dipasang aja ke laptop. Lalu adaptornya jg wajib dipasang (adaptornya usahakan merek asli dari laptop).. yah kalo laptopnya sudah di shutdown cabut aja adptornya.. 
Laptop lebih baik menggunakan battery dan charger di colok ke listrik. Karena produsen2 laptop memang menganjurkan demikian, dan sudah mendesign laptop seperti itu, jadi jika battery full biarin aja adaptornya dicolok ke listrik ga usah dicabut, karena battery2 laptop sudah memiliki controll battery jika sudah penuh akan stop charging.

Charge Discharge (CdC) g boleh
Saya pernah mendengar pendapat aneh lagi..
"Jika battery sudah penuh, harus dicabut adaptornya"
Ini lebih parah lagi.. karena setiap battery itu memiliki cycle count. Semakin sering charging (pengisian) lalu discharging (pengosongan) akan mengurangi cycle count itu. jika cycle count nya sudah melebihi batas yang ditentukan, efeknya battery drop.

Efek dari Kalibrasi
Kalibrasi itu banyak efeknya lho..
1. Cycle count berkurang 1 cycle.
2. disaat discharge (pengosongan) tegangan battery akan menurun, dengan rumus V=I.R kita tahu jika tegangan turun, otomatis I (current) yang akan naik. Jika laptop masih baru sih bolehlah dikalibrasi karena komponen2 nya masih bagus2.. Bagaimana dengan laptop tua yang komponen2 nya sudah lemah??? ini musibah..
3. Disaat charging (pengisian) akan membutuhkan power yang sangat besar..
kembali lagi ke laptop tua, ini akan berakibat rusaknya DC/DC Converter di Mobo dan Controlling Battery di battery.
Di atas adalah efek dari recondition / kalibrasi battery.. 

Cek Pake Software ("Battery Bar")

Akibat Sering Charge Discharge (kenapa batre cepet habis ketika dipake)
Lihat Wear Level/Battery Wear misal diatas 4,4%
maka batre kita dalam keadaan penuh g bisa terisi 100% melainkan 95,6% (100-4,4)
BUKTI : dilihat dari Design Capacity (misal diatas 48,840 mWh), yakni batre awal ketika didesign oleh vendor
tidak sama dengan Total Capacity (misal diatas 46,698 mWh) ketika full charge.
Saran
- desain laptop SANGAT berpengaruh terhadap daya tahan baterai.
Perhatikan posisi fan exhaust laptop agan2. Kalau sangat berdekatan dengan posisi baterai, atau air flow berantakan, siap-siaplah untuk membeli batere baru.
- satu lagi gan .... Adaptor Jangan dilupakan. baterai cepet drop gara - gara pengisian kurang optimal..., bagi yang umur notebooknya dah lumayan lama coba sekali - kali di cek OUTPUT tegangan adaptor pake AVO meter masih normal kagak.
- setau ane, penggunaan laptop kalo lagi nggak pakek, mending disleep(hibernate) aja. kalo dishutdown-nyalain shutdown-nyalain shutdown-nyalain, baterai akan cepat rusak gan. Di shutdown kalo laptop akan TIDAK DIPAKAI DALAM JANGKA WAKTU LAMA, misal seminggu atau sebulan.

Masalah plugin not charging
Sekedar untuk nambah pengetahuan soal batrai laptop di jika muncul peringatan Plugin not charging dan batrai berhenti charge sblm 100% atau dengan kata lain Stuck

Langkah-langkahnya:
1.Cabut adaptor
2.Shutdown
3.Cabut Batrai
4.Colok kembali Adaptor ( Tanpa Batrai )
5.Hidupkan Laptop
6.Klik kanan my komputer - manage. Pilih device manager -> Battery - Klik kanan uninstall Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery 
7.Shutdown
8.Cabut Adaptor
9.Pasang Batrai
10.Colokkan Adaptor
11. Hidupkan Kembali

- Cara di atas adalah untuk menghilangkan settingan standar batrai di Windows yg sering menimbulkan masalah.
- Cara di atas 98% terbukti sukses mengatasi plugin not chrging bila di lakukan dengan benar.
- Bila permasalahan stuck tetap ada, kmgkinan mmg btrainya yg sudah uzur

Tips g bisa charge 100%
Ane cuma mw berbagi pengalaman aj, maaf kalo udh ad yg jelasin ky gini jg.
Pertanyaan yang sering saya jumpai disini adalah knp batrai saya tidak bisa di chage sampai 100%???
kalo dari saran yg saya terima, caranya pakai batrai kira" sampai 80% setelah itu matikan laptop dan charge selama 2 jam setelah batrai full. Saya lakukan cara itu, efektif menambah 1% full batrai stiap x di lakukan. batrai saya yg sebelumnya 95% sudah full, setelah melakukan cara di atas bertambah menjadi 96% dan saya melakukan itu terus sampai sekarang sudah menjadi 100% lagi. hanya itu yang bisa saya bantu.


mudah_mudahan bermanfaat ya Gan..  -__-
TQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar